Kajian Literasi Ekonomi Siswa Sekolah Menengah Atas Al-Amanah Ciwidey
Abstract
Literasi ekonomi sangat perlu diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern abad 21. Berbagai upaya telah dilakukan dibeberapa Negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa, misalnya upaya diluncurkannya kurikulum baru 2013. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui literasi ekonomi bagi individu maupun rumah tangga terutama pada siswa yang menginginkan mencapai kesejahteraan untuk belajar meningkatkan literasi ekonomi dapat berefek pada akumulasi aset, proteksi dan meningkatkan tabungan. Metode penelitian digunakan dalam deskriptif eksplanatori melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS berjumlah 216 orang, sementara yang menjadi sampelnya adalah kelas X IPS 5 dan X IPS 6 berjumlah 68 orang. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil rata-rata kemampuan literasi ekonomi siswa adalah 14,39 yang berarti bahwa siswa kelas X SMA Al-Amanah Ciwidey memiliki kemampuan literasi ekonomi pada kategori sangat rendah. Dengan demikian perlu dilakukan langkah yang lebih baik agar dapat meningkatkan kemampuan literasi ekonomi siswa misalnya dengan penerapan metode pembelajaran yang berkaitan dengan penerapan kemampuan literasi ekonomi.