Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS

Abstract

Hasil belajar IPS yang didapatkan oleh siswa usia sekolah dasar bervariasi mulai dari ketegori rendah, sedang dan tinggi. Nuansa tersebut berasal dari berbagai faktor. Faktor yang diteliti adalah variabel apersepsi dan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, kuesioner, dan wawancara untuk memperkuat analisis keterkaitannya. Uji t digunakan untuk mengetahui hubungan dari tiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara apersepsi terhadap hasil belajar IPS dimana Fhitung < Ftabel dengan α = 0,05 dengan (1,21 < 1,86 ). Korelasi positif juga didapatkan motivasi dengan hasil belajar IPS dimana dimana Fhitung < Ftabel dengan α = 0,05 dengan (1,03<1,86).