PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas V SDN 004 Bangkinang Kota. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian ini diketahui persentase dalam menulis karangan dengan menggunakan media gambar meningkat. Siklus I aspek A (ide yang dikemukakan dalam menulis karangan itu sudah tepat) 58,82%, aspek B (sistem penulisan sudah benar atau perlu perbaikan) 63,52%, aspek C (karangan itu bertele-tele atau terlalu simple) 65,88%, aspek D (penggunaan bahasanya cukup baik atau tidak) 83,52%, aspek E (judul menulis karangan itu sudah tepat atau tidak) 87,05%. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan setiap aspek yaitu aspek A (ide yang dikemukakan dalam menulis karangan itu sudah tepat) yaitu 68,23%, aspek B (sistem penulisan sudah benar atau perlu perbaikan) yaitu 70,58%, aspek C (karangan itu bertele-tele atau terlalu simple) yaitu 76,47%, aspek D (penggunaan bahasanya cukup baik atau tidak) yaitu 94,11% aspek E (judul menulis karangan itu sudah tepat atau tidak ) yaitu 95,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SDN 004 Langgini, Bangkinang Kota.