PENGARUH PENGGUNAAN TAKTIK MENGAJAR PUNGGUNG DENGAN PUNGGUNG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNGSITOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan taktik mengajar Punggung dengan Punggung terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Swasta Kristen BNKP Gunungitoli . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas dan sampelnya ada 2 kelas. Hasil pengujian data diperoleh nilai rata rata untuk hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan taktik mengajar Punggung dengan Punggung 76,59 dan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran konvensional 68,12. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,57 > 2,372 pada taraf signifikan α = 0,01 hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar biologi siswa antara kelas Punggung dengan Punggung dan kelas konvensional.