ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOGRAPH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi autograph. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autograph merupakan pembelajaran yang dapat melibatkan visual dan keaktifan mahasiswa dalam belajar matematika. Pembelajaran dengan menggunakan autograph merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan komputer sebagai salah satu alat bantu yang efektif dan efisien dalam menunjang kualitas pembelajaran. Aplikasi autograph adalah apalikasi yang mempelajari tentang dua dimensi, tiga dimensi, statistik, transformasi, geometri, persamaan, koordinat, differensial, grafik, serta aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa : 1) Aplikasi autograph merupakan aplikasi yang mudah dimiliki oleh mahasiswa, 2) Aplikasi autograph mudah dipelajari oleh mahasiswa, 3) Pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa dengan menggunakan autograph, 4) Mahasiswa menjadi termotivasi untuk belajar, 5) Mahasiswa dapat menggambar grafik dan bentuk geometri dengan lebih cepat, mudah dan menarik.