PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pra tindakan presentase yang diperoleh 55,49% dengan kriteria tinggi, meningkat menjadi 66,97% dengan kriteria tinggi pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,37% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan romawi di kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang.