PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TELAAH YURISPRUDENSI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Telaah Yurisprudensi dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Telaah Yurisprudensi Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Pembda 2 Gunungsitoli tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas XI-IPA. Hasil penelitian adalah: 1) pelaksanaan proses pembelajaran Pada siklus I responden guru 50% pada pertemuan I dan 71,75% (Cukup) pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 60,87%. Angket kualitas pembelajaran siklus I mencapai 62,29% (cukup) Sedangkan pada siklus II mencapai 93,75% (baik sekali) pada pertemuan I dan mencapai kategori baik sekali dengan persentase 98,44% pada pertemuan II serta rata-rata 96,09%. Angket kualitas pembelajaran mencapai kategori baik sekali dengan persentase nilai 89,50%; 2) Nilai hasil rata-rata belajar pada siklus I sebesar 62,51 dan tergolong kurang dengan persentase ketuntasan 35,13% dan ketidaktuntasan 64,87%. Pada siklus II (kedua), nilai rata-rata hasil belajar 80,64 dan tergolong baik dengan persentase ketuntasan 86,48% dan ketidaktuntasan 13,52%.