PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI-IPS SMAS PEMDA 2 GUNUNGSITOLI

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen the one Grup Pretest-posttest design dengan populasi adalah siswa kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli, yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk memiliki korelasi sebesar 0,792 berada pada kategori sedang dengan persamaan analisis regresi sederhana Y= -11,508 + 1,631X. Hasil uji hipotesis dengan SPSS diperoleh thitung = 5,720 dan ttabel sebesar 2,048 ini berartit hitung ≥ ttabel dengan nilai 5,720 ≥ 2,048 dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa dapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Swasta Pemda 2 Gunungsitoli. Besarnya kontribusi pengaruh model pembelajaran tersebut adalah 62,4%, sedangkan 37,6% tersebut dipengaruhi faktor-faktor lain yang belum dikaji dalam penelitian ini.