STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH LISAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH (Studi Kasus Mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo)

Abstract

Pengembangan strategi pembelajaran sejarah diperlukan sebagai pelengkap bagi model-model pembelajaran yang sudah ada. Pembahasan difokuskan khususnya dari hasil penelitian mengenai bagaimana pengajaran dan pembelajaran sejarah, serta sumber belajar yang digunakan kepada mahasiswa, terutama bagi mahasiswa pendidikan sejarah di perguruan tinggi pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatip, pendekatan analisis menggunakan metode analisis isi dari suatu dokumen. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deduktif yaitu menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan seperangkat premis yang diberikan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran dengan sumber belajar dari berbagai sumber, khususnya sumber visual dalam pembelajaran pendidikan sejarah bagi mahasiswa, mampu membuat mahasiswa faham dengan materi bahan ajar sejarah dalam berbagai topik yang diajarkan, karena mahasiswa dituntut untuk mampu menemukan dan melakukan diskusi artinya dalam hal ini pendidikan sejarah tidak bisa ditemukan dengan hanya membaca buku saja, namun menemukan konsep sejarah, baik di kelas maupun di luar kelas. Peran dosen disini memberikan arahan atau stimulus kepada mahasiswa tentang materi yang akan dibahas kemudian memberi mahasiswa tugas mandiri dan memberi soal yang berbeda antar mahasiswa dan mereka harus mampu mencari jawaban yang tepat sebagai satu bentuk penilaian.