PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan oleh peneliti, yaitu kurangnya minat belajar siswa dalam belajar matematika serta rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong kategori kurang. Tujuan penelitian ini : (1) Membuktikan bahwa rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Membuktikan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Hiliduho dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA semester II Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (X-MIPA1 32 orang) dan kelas kontrol (X-MIPA2 33 orang). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar berbentuk esei tes. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian tes awal dan tes akhir divalidasikan secara logis dan diujicobakan untuk keperluan uji kelayakan tes. Hasil penelitian diperoleh: (1) Rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019