PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abstract

Prestasi belajar siswa di beberapa sekolah masih rendah. Siswa terlihat kurang memahami masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata mereka yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif mereka rendah. Penerapan bahan ajar yang dikembangkan kurang optimal dianggap sebagai penyebab masalah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA yang valid, praktical dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model Plomp. Ini terdiri dari tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan atau perancangan prototipe dan tahap penilaian. Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konseptual yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Pada tahap pengembangan atau perancangan prototipe dikembangkan RPP dan LKS berbasis pendekatan saintifik. Materi yang dikembangkan kemudian dievaluasi. Pada tahap assesment dilakukan uji kepraktisan dan efektivitas dalam skala terbatas. Data kepraktisan diperoleh dari lembar implementasi RPP dan angket yang dibagikan kepada guru dan siswa. Data keefektifan dilihat dari hasil posttest dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan valid dan praktis. Materi tersebut juga efektif karena siswa dapat mencapai nilai standar minimal.