PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN SOSIOKULTURAL DI SMA KOTA PADANG

Abstract

Implementasi pendidikan karakter berwawasan sosiokultural di SMA Kota Padang. Oleh karena itu, artikel ini difokuskan dalam mengkaji pendidikan karakter berwawasan sosiokultural melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe kualitatif deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Data di peroleh dari hasil observasi, wawancara, FGD (focus group discussion) dan studi dokumentasi dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Milles dan Hubbermen. Hasil temuan menunjukkan bahwa realitas sosial sekolah khususnya ruang kelas merupakan miniatur Indonesia yang didiami oleh siswa beragam etnis dengan berbagai budaya dan kepercayaan. Kondisi ini menempatkan sekolah dan ruang kelas rentan mengalami konflik sosial antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru serta guru dengan guru meskipun tidak sampai pada tahap konflik terbuka yang bersifat anarkis. Maka hasil temuan menunjukkan upaya untuk mencegah hal tersebut dilakukan melalui pendidikan karakter berwawasan sosiokultural melalui pembelajaran PPKn yang aktif dengan muatan budaya dan karakter bangsa. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter berwawasan sosiokultural tidak hanya memberikan pengenalan kepada siswa terkait realitas kondisi sosiokultural Indonesia tetapi juga mengarahkan siswa untuk dapat hidup berdampingan dan mewujudkan sikap saling memahami, menghormati dan menghargai suatu perbedaan terutama menyangkut perbedaan sosiokultural.