PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SLOGAN

Abstract

Menulis slogan merupakan kegiatan menuangkan, menyampaikan informasi dalam bentuk kalimat pendek yang bertujuan untuk mempengaruhi atau memberikan informasi kepada khalayak umum. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Slogan dengan Metode Concept Mapping. Untuk mencapai tujuan penelitian maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data, lembar observasi dan lembar penilaian. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah laki-laki 15 orang dan perempuan 11 orang. Hasil penelitian ini, mulai rata-rata siklus I adalah 8,48 dengan nilai terendah 45 dan tertinggi 85. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,19 dengan nilai terendah 81 dan tertinggi 97. Hasil observasi terhadap keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua 26,92%, siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua 88,46%. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan metode pembelajaraan Concept Mapping, kemampuan siswa dalam menulis slogan dapat meningkatkan, interaksi antara guru dan siswa berlangsung lebih dekat sehingga siswa dengan mudah belajar dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Disarankan agar guru Bahasa Indonesia menggunakan metode Concept Mapping dalam pembelajaraan menulis Slogan, siswa diharapkan agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaraan, peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian tentang masalah ini untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.