MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA ANIMALS MANIPULATIFE LOTTO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALFARIZKY KIDS KABUPATEN KAMPAR

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjelaskan bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media animals manipulatife lotto pada anak usia 5-6 tahun di TK Alfarizky Kids Rimbo Panjang kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Media ini dapat menarik minat anak untuk belajar, yang didukung oleh penerapan yang cukup baik oleh peneliti. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan tampak pada hasilnya yang signifikan yakni dari data awal 35,83% (mulai berkembang), mengalami peningkatan ke siklus I 46,25% (berkembang sesuai harapan). Peningkatan dari siklus I ke siklus II 67.08 (berkembang sesuai harapan). Perkembangan data awal ke siklus II meningkat sebesar 31,25% menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Jadi, bila media animals manipulatife lotto diterapkan dengan baik kepada anak, maka akan ada peningkatan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang baik pula.