TEORI BELAJAR BERDASARKAN ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASI PADA PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN
Abstract
Pada psikologi humanistik pendidik sebagai fasilitator. Pendidik humanistik diharapkan menjadi pendidik manusiawi sehingga pendidik bisa mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya. pendidik akan melaksanakan pembelajaran dan peserta didik belajar dari pengalaman mereka sendiri. Pendidik membimbing siswa dengan tidak membebani peserta didik dalam pembelajaran tetapi menanamkan nilai-nilai atau perilaku positif dan perilaku negatif. Teori humanistik bertujuan memanusiakan manusia seutuhnya yang kaffah sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk membahas teori belajar berdasarkan aliran psikologi humanistik dan implikasi pada proses belajar pembelajaran. Mengolah informasi dari ransangan fisik seperti cahaya, panas, tekanan udara, serta suara ditangkap dapat diserap secara cepat dalam system indera jangka pendek. informasi akan simpan di short time memory dalam sistem kerja otak manusia. dan menjadi long time memory jika informasi ini terus diberikan secara berulang