Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAUD yang berdampak pada kemampuan penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran di PAUD pada beberapa lembaga di Kabupaten Manggarai.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAUD pada 20 lembaga PAUD di Kabupaten Manggarai. Obyek penelitian adalah para guru dan kepala sekolah PAUD dengan menggunakan instrument penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pertama, kualifikasi akademik seorang guru PAUD mempengaruhi kemampuan, pengetahuan serta pemahaman guru terhadap peserta didik. Kedua, masih banyak lembaga PAUD yang kurang memiliki kemampuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang menyenangkan serta pemahaman akan pentingnya penyusunan perencanaan pembelajaran masih minim. Ketiga, minimnya kompetensi pedagogik yang dimiliki akhirnya mempengaruhi proses pembelajaran yang berkualitas bagi anak, pembelajaran menjadi tidak menyenangkan serta penilaian pembelajaran yang dilakukan guru belum dapat menggambarkan perkembangan yang mencakup segala aspek perkembangan anak.