Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi

Abstract

Pengembangan kinerja pendidik merupakan faktor yang sangat menentukan pada keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran dalam era perkembangan pengetahuan yang sangat cepat ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja pendidik PAUD yaitu manajemen kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, membimbing dan melatih peserta didik, serta kemampuan melaksanakan tugas tambahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara apa adanya tentang analisis evaluasi kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 19 orang yang terdiri dari pendidik TK A, TK B dan KB di PAUD Al azhar Bukittinggi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik sudah memiliki kemampuan merencakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan kemampuan membimbing dan melatih peserta didik dalam kategori baik. Namun untuk indikator menilai hasil pembelajaran dan melaksanakan tugas tambahan, sebagian besar pendidik masih berada dalam kategori cukup. Sehingga disarankan agar kepala sekolah dapat melakukan manajemen lembaga dengan lebih baik sehingga mampu meningkatkan kinerja guru.