Pendidikan Karakter Berbasis Islam melalui Program Cinta Rosul pada Anak Taman Kanak-Kanak

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan gambaran pendidikan karakter berbasis Islam, peran guru, lingkungan, dan hambatan pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di TK Izzati Kecamatan Bekasi Selatan. Metode penelitian  fenomenologi dengan teknik pengunpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. TK Izzati menjalankan pendidikan karakter berbasis Islam yang dinamakan Program Cinta Rosul. Peran guru sebagai pembimbing seperti membimbing anak  berwudhu, sebagai teladan cara mengucapkan salam yang baik, sebagai sumber  ilmu pengetahuan  tentang ciptaan Allah, dan sebagai pembelajar guru mengamati sikap dan perilaku anak.  Anak menjaga kebersihan lingkungan sekolah  dengan membuang sampah pada tempatnya. Guru dan anak-anak bersama-sama membangun lingkungan sosial yang islami dan saling menghargai satu sama lain. Hambatan pembelajaran adalah tidak tersedianya area sekolah  yang memungkinkan anak  bermain bola kaki, dan kompetensi guru  kurang memadai yakni guru tidak memiliki  latar belakang pendidikan  anak usia dini.