Pengaruh Pretend Play dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris tentang pengaruh pretend play dan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir divergen anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2, dengan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir divergen anak sedangkan variabel bebasnya pretend play dengan variabel atribut adalah yang terdiri dari 2 (dua) taraf yaitu jenis kelamin yang terdiri dari perempuan dan laki - laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak kelas TK B orange dan apple di Taman Kanak-Kanak Kristen Cahaya Bangsa tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 39 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pretend play dan jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir divergen.