Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan karakter kerjasama anak usia dini. Hal ini dilakukan agar guru memiliki pandangan model pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi karakter kerjasama pada anak di sekolah. Pendidikan karakter sebaiknya dilakukan sejak anak usia dini karena usia ini merupakan masa keemasan (golden age) sehingga harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pembentukan, pengarahan dan pembinaan karakter  kerjasama pada anak usia dini di taman kanak kanak. Adapun unsur kerjasama seperti adanya interaksi, ketergantungan positif, tanggung jawab perorangan dan sikap saling menghargai. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Desain penelitian pra eksperimental dengan satu kelompok eksperimen menggunakan pretest dan posttest. Dengan subjek penelitian (n=42) anak kelompok B TK Pertiwi Taji  di Kecamatan Prambanan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan kerjasama anak yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning pada kelas eksperimen.