Konstruksi Mutu Pendidikan melalui Literasi Keuangan pada Pendidikan Anak Usia Dini di Magetan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan mutu pendidikan di Kelompok Kerja (POKJA) RA Poncol Magetan melalui program sedekah sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pesrpektif ethnoscience, dengan berusaha memahami perspektif lokal tentang pengelolaan sampah dengan menerapkan interview etnografi untuk memperoleh sejumlah taksonomi pengetahuan lokal. Sedekah sampah telah menjadi salah satu solusi persoalan sumber pembiayaan dan lemahnya literasi keuangan, sehingga RA yang tergabung dalam POKJA RA Poncol Magetan memiliki kesiapan yang optimal dalam pelaksanaan program-program pendidikannya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu POKJA RA Poncol Magetan memiliki keberdayaan yang baik melalui keterampilan dalam menyusun arus kas yang benar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajarnnya melalui sedekah sampah, dimana sedekah sampah merupakan alternatif pemecahan masalah sampah yang memadukan unsur edukasi dan pemberdayaan yang berkelanjutan