Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan program pengembangan kognitif dan emosional anak Kelompok Bermain (KB) Holistik Integratif melalui sistem pembelajaran sentra berbasis kawasan pesisir pantai. Penelitian dilaksanakan di KB yang berada di kawasan Pesisr Pantai dengan melibatkan enam belas anak dan seorang guru, tiga orang kader posyandu serta lima orangtua anak pada pendidikan KB Pasia Mutiara, Ulak Karang Selatan, Kota Padang, Indonesia. Metode Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan grounded research. Hasil analisis diperoleh pengembangan kognitif yang dilaksanakan berupa kegiatan dengan model sentra yang dimodisfikasi dengan kondisi. Keunikan program pengembangan terlihat dengan adanya pembelaajaran berbasis pesisir pantai yang terintegrasi dengan posyandu balita. Pembelajatan sentra yang dilakukan cukup unik yang dinamakan Sentra “Buka Lapak” yaitu model sentra dengan hanya menggunakan satu kelas dengan banyak container sentra. Keberhasilan Program Pengembangan terlihat dari terjadinya peningkatan perkembangan yang positf pada aspek kognitif dan emosional anak kelompok Bermain holistik integrative ini.