Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan Detumbar terhadap minat belajar anak usia dini di TK Realfun Rainbow Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra-eksperimen menggunakan satu kelompok pretest-posttest dengan subjek penelitian berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dengan instrumen penilitian berupa catatan anekdot. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t Paired Sample Test. Penerapan pembelajaran di beberapa kelas sentra terkesan membosankan bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Detumbar efektif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow, yaitu sebanyak 61,5% dari 13 anak di kelas TK Tingkat A mengalami peningkatan terhadap minat belajar. Kebaruan dalam penelitian ini adalah cara bermain permainan Detumbar. Permainan Detumbar berdampak positif terhadap minat belajar anak TK Tingkat A di Realfun Rainbow.