Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts

Abstract

Pendidikan sosial finansial bagi anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts sangat penting dalam inovasi pembelajaran di lembaga PAUD dikarenakan: 1) pola pembelajaran anak usia dini masih belum berkembang secara optimal, hal ini ditandai dengan belum adanya kurikulum yang membangkitkan kemampuan sosial finansial pada anak usia dini. 2) kurangnya muatan kurikulum yang menunjang kemampuan sosial finansial anak usia dini sehingga perlu dikembangkan sebuah model pendidikan sosial finansial. 3) Tantangan  kehidupan  yang  semakin  mengglobal  menuntut  sebuah  sistem perekonomian suatu  negara untuk terkoneksi dengan dunia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanakan pendidikan sosial finansial pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts di Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah angket. Sedangkan analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif untuk menjelaskan hasil studi lapangan. hasil yang diperoleh adalah 65% dari keseluruhan guru memiliki tingkat pemahaman yang rendah mengenai pendidikan sosial finansial anak usia dini menggunakan media loose parts. 25 % guru berada pada kategori sedang, 10 % guru lainnya berada pada kategori sangat rendah, dan tidak ada guru yang berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa rata-rata guru perlu mengikuti pembelajaran pendidikan sosial finansial menggunakan media loose parts pada anak usia dini