MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW

Abstract

Kepemimpinan merupakan bagian penting dari manajemen, namun tidak sama dengan manajemen. Islam memiliki tokoh panutan dalam melaksanakan kepemimpinan yaitu Nabi Muhammad. Kepemimpinanya menjadi tolak ukur yang dapat diterapkan pada setiap zaman. Nabi Muhammad telah mencontohkan bagaimana kepemimpinannya dapat berhasil. Kepemimpinan Nabi Muhammad sangat penting dan perlu digali lebih dalam untuk dijadikan rujukan keteladanan kepemimpinan khususnya kepemimpinan dalam dunia pendidikan dan dalam rangka menciptakan pemimpin masa depan yang baik melalui keteladanan Rasulullah Saw. dalam kehidupannya.Fokus masalah penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model/tipe kepemimpinan pendidikan Nabi Muhammad Saw., sedang tujuan berdasar rumusan masalah ini adalah (1) mendeskripsikan sifat-sifat keistimewaan Nabi Muhammad Saw., (2) mendeskripsikan transformasi sifat kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. dalam pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kepustakaan (libraryresearch). Hasil rumusan masalah yang pertama, Sifat-sifat keistimewaan Nabi Muhammad Saw. dikelompokkan menjadi dua yaitu sifat personal diantaranya jujur, amanah, tabligh, fathonah, kharismatik, keyakinan diri yang kuat, komitmen tinggi, dan tekun, pekerja keras, dan militan. Sedang sifat kedua yaitu sifat publik diantaranya mulai dari diri sendiri, memberikan keteladanan, komunikasi efektif, dekat dengan umat, selalu bermusyawarah, memberikan pujian (motivasi), mampu menularkan dan mempengaruhi, dan memiliki etika/nilai moral. Kedua transformasi model kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. dalam pendidikan adalah melalui transformasi sifat-sifat publik yang diintegrasikan dengan sifat personal yang diaplikasikan dalam organisasi lembaga pendidikan terkhusus sebagai kepala sekolah.