METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UD. PUTRA BANGUN FURNITURE PRODUCTION
Abstract
Boston Consulting Group adalah sebuah konsultan terkemuka yang mengembangkan dan mempopulerkan matrik pangsa pasar pertumbuhan. Metode ini merupakan alat analisis untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan. Metode ini dapat menentukan pangsa pasar yang dapat dikembangkan, dipertahankan untuk kepentingan bisnis perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah manajemen dari usaha UD. Putra Bangun Furniture Production. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UD. Putra Bangun Furniture Production dengan menggunakan matrik Boston Consulting Group (BCG) maka didapat posisi kuadran dalam matrik BCG berada di kuadran I dimana memiliki arti bahwa UD. Putra Bangun Furniture memiliki posisi market share atau pangsa pasar yang relatif rendah yaitu 1.17% dan berkompetisi di dalam industri yang tingkat pertumbuhan pasarnya tinggi yaitu 16.67%. Posisi UD. Putra Bangun Furniture diantara 4 kuadran diantaranya star, cash cow dan dogs maka posisinya berada dalam kuadran 1 ini disebut question mark atau tanda tanya. Strategi yang dapat digunakan didalam kuadran 1 adalah perusahaan harus memperkuat divisinya dan menjalankan strateginya seperti penetrasi pasar, pengembangan produk atau tetap akan menjual produknya