KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT

Abstract

Faktor terpenting seorang guru adalah kepribadiannya, kepribadian guru pengaruh langsung terhadap kebiasaan proses belajar. Dewasa ini, banyak guru yang tidak peduli terhadap kepribadian siswa. Penulis memilih pemikiran dari Zakiah Daradjat, karena Zakiah menampilkan konsep belajar dengan memandang siswa dari segi mental, fisik, kejiwaan, danmotivasi.Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data hasil penelitian ini, di antaranya: Pertama, fungsi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjatya itu untuk mengetahui keseimbangan dan keserasian mengenai kepribadian guru termasuk dalam proses belajar.Kedua, konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat mencakup enam unsur di antaranya: kegairahan dan kesediaan untuk belajar, membangkitkan minat peserta didik, menumbuhkan bakat, sikap dan nilai, mengatur proses belajar mengajar, situasi belajar mengajar secara manusiawi, dan mentransfer pengaruh belajar di dalam sekolah kepada penerapannya di dalam kehidupan di luar sekolah. Ketiga, pengembangan terhadap konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat, dalam hal ini menggunakan teori Abraham Maslow.