Pengaruh Standarisasi ISO 9001: 2008 dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumberdaya Dian Mandiri

Abstract

Kurangnya kesadaran karyawan mengenai pentingnya standardisasi ISO terutama ISO 9001:2008 sebagai pendukung kualitas perusahaan, kurangnya efektifitas penerapan standardisasi ISO 9001:2008, kinerjakaryawan tidak maksimal dengan datang tidak sesuai dengan jam kerja sehingga pekerjaan tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan menjadi masalah dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh standardisasi ISO 9001: 2008 terhadap kinerja karyawan, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan pengaruh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan secara simultan.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode SPSS versi.17 untuk mengetahui hubungan antar variabel, dengan menggunakan regresi berganda dan analisis korelasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F.Penelitian ini menunjukkan pengaruh positif antara standarisasi ISO 9001: 2008 (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan Thitung 3,056 > Ttabel 1,989 dan nilai probabilitas 0,003. Sedangkan untuk variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y) hasil yang diperoleh -1,241 <dari 1.989 dengan nilai probabilitas 0.218 berarti tidak ada pengaruh antara variabel (X2) budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Y). Untuk hasil hipotesis dengan menggunakan uji f diperoleh hasil bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara bersamaan sebesar 10,9%. Pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh antara standarisasi ISO 9001: 2008 dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan perlu mengadakan pelatihan ISO 9001: 2008 secara merata kepada semua karyawan sehingga pemahaman karyawan lebih luas tentang pentingnyastandardisasi ISO 9001: 2008, penerapan budaya organisasi semakin ditingkatkan untuk benar-benar meresap dan karyawan maumemahami makna dari budaya organisasi itu sendiri.Kata Kunci: Standarisasi ISO 9001: 2008, budaya organisasi, kinerja karyawan.