Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Minat Masyarakat Bersekolah di SMAM Wanaraja

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisi pengaruh Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Promosi (X3) terhadap Minat Masyarakat (X4), pada masyarakat untuk bersekolah di SMAM Wanaraja. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel minat masyarakat, harga, kualitas pelayanan dan promosi menggunakan angket penyebaran kuesioner model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Reliabilitas dihitung dengan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan statistik deskripsi dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan uji korelasi dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan harga terhadap kualitas pelayanan 0.238. Kedua, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan haraga terhadap promosi 0.375. Ketiga, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan harga terhadap minat masyarakat sebesar 0.303. Keempat, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap promosi sebesar 0.191. Kelima, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat sebesar 0.142. Keenam, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan promosi terhadap minat masyarakat sebesar 0.620.