KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMEDIASI GREEN PROMOTION DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Abstrak                                                              Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi ramah lingkungan (green promotion) dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen serta meneliti keputusan pembelian sebagai variabel yang memediasi promosi dan harga produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah total 135 orang mahasiswa. Sampel diambil dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa green promotion yang berwawasan lingkungan memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Harga premium berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk ramah lingkungan. Keputusan pembelian terbukti sebagai variabel yang memediasi pengaruh promosi dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan pembelianKata kunci : green promotion, green price, kepuasan konsumen, keputusan pembelian  AbstractThis study aims to examine the promotion of environmentally friendly (green promotion) and the price of environmentally friendly products on consumer satisfaction and examine purchasing decisions as a variable that mediates promotions and prices of environmentally friendly products on consumer satisfaction. The sample of this study totaled 135 students. Samples were taken by accidental sampling method. The results of this study indicate that green environmental promotion has a direct influence on purchasing decisions. Premium prices have a positive effect on purchasing decisions. Purchasing decisions have a significant influence on customer satisfaction on environmentally friendly products. Purchasing decisions are proven as variables that mediate the influence of promotions and prices of environmentally friendly products on purchase satisfactionKeywords : : green promotion, green price, customer satisfaction, buying decision