Peningkatan Skor Akreditasi Madrasah melalui Lembaga Penjaminan Mutu
Abstract
ABSTRACTDelapan standarisasi nasional pendidikan (SNP) telah ditetapkan oleh pemerintah dengan kriteria dan indikator masing-masing standar, namun peningkatan kualitas sekolah dan madrasah masih mengalami banyak kendala. Salah satu penyebabnya diduga karena kurang adanya peran lembaga penjaminan mutu (LPM) sekolah dan madrasah dalam meningkatkan skor akreditasinya dan rendahnya komitmen untuk memenuhi standar. Hal ini senada dengan fakta bahwa para guru kurang komitmen dalam memenuhi dokumen akreditasi sekolah dan hal tersebut juga menjadi salah satu faktor menurunnya perolehan skor akreditasinya. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran LPM dalam memfasilitasi proses peningkatan skor akreditasi madrasah. Penelitian ini bersifat evaluative dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa proses penyiapan akreditasi dilakukan secara sistemik dan sistematis dengan mengikuti regulasi dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh unit peningkatan dan penjaminan mutu MAN 2 Kota Malang sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam tim akreditasi madrasah. Tulisan ini memberikan saran agar setiap madrasah dapat memaksimalkan peran LPM internal dalam menciptakan atmosfir akademik dan administratif.