Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Abstract

fokus penelitian ini pada usaha mendeksripsikan visi dan misi berdasarkan pandangan Fred R. David, yang kemudian ditelaah kembali serta dideskripsikan visi dan misi dengan perspektif pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan karya jurnal ini adalah studi pustaka dengan mempelajari, dan menelaah kembali dari literatur karya Fred R. David dan literatur – literatur lain yang terkait dengan tema karya tulis ini. Dalam karya jurnal ini, visi dan misi merupakan satu konsep dasar dalam memulai manajemen strategi yang akan selalu berkaitan antara satu sama lain. Dalam perspektif pendidikan Islam visi dan misi juga diartikan sama dengan hal tersebut, karena dalam visi mengandung cita – cita atau goal kemenangan yang dibutuhkan lembaga pendidikan Islam untuk bisa terus berkembang dan meningkat, sedangkan misi mengandung kegiatan – kegiatan yang direncanakan untuk mewujudkan cita – cita atau goal dari lembaga pendidikan Islam. Pada perspektif pendidikan Islam memandang visi dan misi memiliki konsentrasi tersendiri yaitu keseimbangan antara pembinaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dengan pembinaan akhlak islam dalam bersikap dan bertingkah laku. Hasil yang diperoleh dari studi pustaka pada jurnal ini terdapat 11 (sebelas) hal yang terbagi dalam penyusunan visi dan penyusunan misi jika mengunakan perspektif pendidikan Islam. Pada visi yaitu goal lembaga pendidikan ke masa depan, berjangka waktu panjang tetapi juga memiliki batasan waktu, fokus pada kualitas dan akhlak peserta didik, partisipasi seluruh anggota, dan visi yang mudah dipahami. Dan pada misi yaitu konten yang mendukung visi, sesuai dengan tujuan maupun program pendidikan nasional, fokus pada pembinaan kemampuan dan penanaman akhlaqul karimah, berjangka waktu panjang, sedang serta pendek, partisipasi seluruh anggota, dan susunan misi yang jelas.