TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]

Abstract

This study aims to determine the values of tolerance contained in Surah Al-Hujurat verses 11-13 in the Interpretation of Tafsir Al-Munir by Wahbah Zuhaili and how relevant it is to the objectives of Islamic education. This research is library research with primary data source Tafsir Al-Munir's Aqidah wa al-Syari'ah wa al-Manhaj'. Data analysis using content analysis. The results of this study indicate that the religious tolerance values contained four aspects, namely the value of Humanity, plurality, the harmony of life and egalitarian / equality. The relevance of the objectives of Islamic education is to realize students who have the ability to control themselves, are able to maintain peace and harmony in internal and interfaith relations, have a noble personality, and have a commitment to practice their knowledge and skills for the benefit of themselves, society, and the nation-state. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan sumber data primer kitab Tafsir Al-Munir fil Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj karya Prof. Wahbah Musthofa Al-Zuhaili. Analisis data menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 meliputi empat aspek, yaitu nilai Kemanusiaan, pluralitas, keharmonisan Hidup dan egaliter/kesetaraan. Adapun relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam adalah mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuan mengendalikan diri, mampu menjaga perdamaian dan kerukunan memiliki kepribadian yang mulia, serta memiliki komitmen mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya bagi kepentingan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.