Improving the Quality of Learning Through Academic Supervision (Study in SMP Negeri 14 Banjarbaru)

Abstract

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di antaranya dengan supervisi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi akademik yang dilakukan di SMP Negeri 14 Banjarbaru dengan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dalam kerangka meningkatkan motivasi guru dalam menyusun administrasi mengajar. Empat tahap pelaksanaan : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru serius dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/RPP dengan peningkatan rata-rata dalam penyusunan administrasi mengajar sebesar 27, 91%. Berdasarkan observasi terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengajar dari siklus ke siklus dengan peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17, 91%.