Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Mataram
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang bahwa perkembangan dunia transportasi mulai berkembang pesat khususnya transportasi darat. Perkembangan tersebut dikarenakan meningkatkan jumlah pengguna jasa transortasi seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan dari publik. Jadi permasalah ini sudah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu data data primer dan data sekunder dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Interview dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online (GO-JEK) di Kota Mataram menunjukkan bahwa Stimulus Go-jek yang memengaruhi seseorang konsumen dalam pertimbangan menggunakan go-jek adalah Produk, Harga, dan Service. Faktor internal yang memengaruhi seorang konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Persepsi, Motivasi dan Keterlibatan, Pengetahuan dan Gaya Hidup. Faktor sosial yang memengaruhi konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Status, Starata dan Ekonomi. Sedangkan faktor lingkungan fisik dan waktu yang memengaruhi konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Tidak memiliki kendaraan pribsadi, Angkutan lain lebih mahal, dan Angkutan lain tidak praktis dan higienis.