PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PAKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAN TERNAK AYAM DARI BERBAGAI MEREK DI KOTA MALANG
Abstract
Penelitian dilaksankan pada tanggal 1 sampai 30 November 2018, di komunitas peternak Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pakan ternak ayam dari berbagai merek di Kota Malang. Materi penelitian yang digunakan adalah peternak yang menggunakan pakan ayam petelur yang terdiri dari merek A dan merek B dengan menganalisa kualitas produk dan harga yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah survei. Data yang diperoleh melalui wawancara dan melihat langsung performan ayam petelur dengan pakan berbagai merek. Hasil penelitian yaitu persamaan regresi linear berganda Y = -2,820 + 0,505 X1 + 0,618 X2 dimana jika X1 (kualitas produk) naik 1 tingkat maka akan menaikkan Y (keputusan pembelian) sebesar 0,505 dimana X2 (harga) bernilai konstan. Jika X2 (harga) naik 1 satuan, maka akan menaikkan Y (keputusan pembelian) sebesar 0,505 dimana X1 (kualitas produk) bernilai konstan. Koefisien regresi (besaran perubahan) setiap kenaikan X2 sebesar 1 satuan, meningkatkan Y senilai 0,618. Berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan adanya pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Dimana yang kebih dominan adalah yaitu kualitas produk.Aspek mutu pakan atau kualitas pakan menjadi fokus utama dari peternak. Kesimpulan penelitian ini adalah 17% responden peternak ayam petelur lebih dominan memilih kualitas produk pakan ayam dengan merek pakan B. Merek ini memiliki kandungan sesuai SNI 1993 dan lebih tinggi dibandingkan merek lain yaitu protein 36% dan kalsium maks 12%. walaupun harga yang dijual lebih tinggi dibandingkan merek lain. merek ini banyak diminati peternak ayam petelur. Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan berbagai variabel sehingga penelitian tersebut lebih berkembang dan meningkatkan kualitas merek pakan yang competitif secara adil. Kata kunci : kualitas pakan, harga, keputusan pembelian