HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan berbagai tipe pola asuh orangtua yang mereka terapkan kepada anak sehingga dapat mempengaruhi pengembangan potensi maupun kecerdasan anak salah satunya yakni kecerdasan interpersonal. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orangtua, bagaimana kecerdasan interpersonal anak serta adakah hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasaan interpersonal anak. Penelitian dilakukan di RA Perwanida 4 Palembang. Dengan menggunakan metode korelasional dan teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa mayoritas pola asuh orangtua di RA Perwanida 4 Palembang menerapkan pola asuh otoriter sebanyak 21 (52,5%) sehingga kecerdasaan interpersonal anak di RA Perwanida 4 ini masih banyak yang belum berkembang yakni sebanyak 17 (42,5 %). Maka hasil korelasi diperoleh rxy = -0,380 pada taraf signifikansi 0,05 dengan rtabel= 0,320. Dari perhitungan tersebut menunjukkan rhit> rtabel, maka Ho ditolak sehingga hipotesis yang menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak diterima.