KEMITRAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana kerjasama yang dilakukan antara guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang Tua siswa di SMK Negeri 1 Penanggalan khususnya dalam pembinaan keagamaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Bentuk kerjasama orang tua dengan guru dalam pembinaan keagamaan siswa berupa: melakukan konsultasi secara langsung antara guru dan orang tua melalui buku monitoring, melakukan kunjungan guru ke rumah orang tua siswa, melakukan komukasi via telepon/handphone dan pertemuan dengan wali murid pada setiap pembagian raport di akhir semester; (2) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan keagamaan siswa adalah memberikan contoh sifat keteladanan, memberikan contoh sifat kedisiplinan, dan dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik dan dari orang tua berupa dengan cara membiasakan beribadah, dengan cara menanamkan kejujuran pada diri anak, serta memberikan pengetahuan agama; (3) Faktor pendukung: guru telah memiliki kemampuan mencakup kompetensi personal, sosial, dan profesional yang ditunjang dengan berbagai fasilitas sekolah seperti lingkungan kelas yang kondusif, media pembelajaran yang cukup memadai, serta berbagai program sekolah yang mendukung. Orang tua selalu memberikan nasehat secara terus menerus, selalu membiasakan anak-anak dirumah untuk menjalankan ibadah keagamaan, orang tua melakukan komunikasi yang baik dengan anak, dan orang tua secara terbuka mendukung semua proses pembelajaran. Faktor Penghambatnya adalah kurang maksimalnya guru dalam menangani siswa dikarenakan sebagian guru mengajar tidak hanya di satu tempat, sedangkan faktor penghambat yang berasal dari orang tua adalah karena sebagian dari orang tua mempunyai banyak kesibukan dan adanya kekurangan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah.