Pemberdayaan Santri Melalui Pembelajaran Enjoyable Learning dalam Membentuk Generasi Seimbang dan Spiritualitas Intelektualitas di Pondok Pesantren

Abstract

Era revolusi 4.0 menjadi era yang digadang-gadangkan menjadi era keberhasilan pada sejarah manusia. Era tersebut menuntut manusia harus mampu bersikap seimbang dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan, kemampuan santri dalam spiritualitas dan inteklektualitas merupakan suatu keharusan yang wajib miliki oleh santri milenial, apabila keduanya seimbang maka santri tidak akan teromabang ambing oleh perubahan zaman yang begitu cepat. Pembelajaran Enjoyable learning merupakan langkah awal untuk merubah mindset santri dalam memahami agama dari mindset tradisional menjadi mindset intelektual religius yang mampu menghadapi segala kemungkinan perubahan zaman. Dalam pengabdian masyarakat ini pengabdi menggunakan metode  Parti­cipatory Action and Learning System (PALS). Metode ini merupakan salah satu metode pemberdayaan sasaran yang merupakan ba­gian dari PLA (Participatory Learning and Action). Dengan metode ini, maka masyarakat sasaran (pesantren) diperlakukan sebagai subjek sekaligus objek dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, Sasaran pengabdian ini adalah pondok pesantren Miftahul Ulum Annur yang berada di Desa Majangtengah Kecamatan dampit Kabupaten Malang. Hasilnya adalah mengadakan  sarasehan pada santriwan dan santriwati tentang model pembelajaran yang menyenangkan (Enjoyable Learning)  oleh pemateri secara khusus dengan menyajikan materi-materi yang mengandung unsur motivasi agar santri siap menghadapi era revolusi 4.0 yang mengharuskan terpondasikan jiwa spiritual yang kuat dan seimbang dengan in telektual yang sangat mumpuni.