PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL, LINGKUNGAN EKSTERNAL, RESPON EMOSIONAL DAN RESPON RASIONAL TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi pada Remaja Konsumen Sabun Mandi di Swalayan Saudara Jepara)
Abstract
PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL, LINGKUNGANEKSTERNAL, RESPON EMOSIONAL DAN RESPONRASIONAL TERHADAP PERPINDAHAN MEREK(Studi pada Remaja Konsumen Sabun Mandi di Swalayan Saudara Jepara)adalah seluruh konsumen (remaja) yang membeli produk sabun mandi sedangkansampel yang diambil sebanyak 97 orang dengan teknik accidental sampling. Metodepengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Sumber datadiperoleh langsung dari responden (data primer) dan dari perusahaan (data sekunder).Metode analisis data dengan teknik regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan internal daneksternal konsumen, respon konsumen secara emosional maupun rasional berpengaruhterhadap perpindahan merek. Secara bersama-sama variabel independen berpengaruhterhadap perpindahan merek.Kata kunci: lingkungan internal, lingkungan eksternal, respon emosional, responrasional