PROBLEMATIKA, TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI DI ERA GLOBALISASI

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui problematika, tantangan dan peluang Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguuruan Tinggi di Era Globalisasi. Metode penelitian yang digunakan ialah libraray research atau kajian pustaka dengan analisis deskriptif secaar kritis. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah/ Perguruan Tinggi merupakan sarana dan tempat menuntut ilmu bagi para peserta didik, juga tempat memperkaya dan memperluas keilmuan peserta didik. Pendidikan di Indonesia dikatakan maju, hal ini bisa dilihat perkembangan sekolah/Perguruan Tinggi yang semakin lama semakin kreatif dalam menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi manusia yang berguna kelak. Oleh sebab itu sebagai guru harus mampu menggunakan segala kemampuan kita, sehingga peserta didik bisa menyerap ilmu kita dengan baik. Jadi sebagai calon guru harus profesional dalam sebagai hal ini misalnya metode yang digunakan harus baik, sesuai dengan materi yang kita ajarkan, strateginya juga harus sesuai,yang penting dan perlu di miliki oleh seorang guru ialah mampu merespon peserta didik yang mempunyai banyak problem yang berbeda- beda. Guru harus bisa mengatasi problem yang dihadapi peserta didik terutama menyikapi belajar anak didik kita. Apalagi problematika pendidikan agama Islam di sekolah/Perguruan Tinggi pasti begitu beragam. Untuk mengetahui problem apa saja yang terjadi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah/Perguruan Tinggi, maka hal tersebut akan dibahas dalam makalah ini. Kata Kunci: Problematika, Peluang dan Tantangan, Pendidikan Agama Islam ABSTRACT The purpose of this research is to find out the problems, challenges and opportunities of Islamic Religious Education in Schools and Colleges in the Era of Globalization. The research method used is library research or literature study with critical descriptive analysis. The results of the study indicate that schools / colleges are a means and place of study for students, as well as a place to enrich and broaden students' knowledge. Education in Indonesia is said to be advanced, this can be seen in the development of schools / universities which are increasingly creative in preparing their students to become useful humans later. Therefore as a teacher must be able to use all our abilities, so that students can absorb our knowledge well. So as a prospective teacher must be professional in this matter, for example the method used must be good, according to the material we teach, the strategy must also be appropriate, the important thing that a teacher needs to have is to be able to respond to students who have many different problems- different. The teacher must be able to overcome the problems faced by students, especially addressing the learning of our students. Moreover, the problems of Islamic education in schools / universities must be so diverse. To find out what problems occur in Islamic religious education subjects in Schools/Colleges, then this matter will be discussed in this paper. Keywords: Problems, Opportunities and Challenges, Islamic Religious Education