Penerapan Aplikasi Simpler Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Bagi Taruna Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa efektif kah pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi simpler bagi taruna Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Pembelajaran Bahasa Inggris di Politeknik Perkeretaapian Indonesia dilakukan dengan mengintregasi penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran, untuk itu diperlukan metode penunjang aplikasi yang menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar, salah satunya dengan penggunaan aplikasi simpler berbasis android. Melalui model pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi simler tersebut diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran Bahasa Inggris jarak jauh yang efektif dan menarik minat taruna dalam belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara online mendalam dengan taruna dan dosen pengajar Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil kuesioner online yang diberikan kepada 30 responden yang diambil dari sejumlah taruna tingkat I Prodi Teknik Jalur dan Bangunan Perkeretaapian menyatakan bahwa 83% responden menyatakan bahwa mereka sangat puas dengan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi simpler, 13% responden puas dengan pengunaan aplikasi simpler, 3% responden kurang puas dengan pembelajaran berbasis aplikasi. Dengan adanya aplikasi simpler sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Inggris selama pembelajaran daring atau kuliah jarak jauh dapat memberikan kemudahan bagi taruna dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka dan memberikan manfaat bagi taruna dalam memahami materi Bahasa Inggris selama masa kuliah daring. Kata kunci: media pembelajaran, aplikasi, daring Abstract This study aims to analyze how effective leaning English by using a simpler application for a cadet at Indonesian Railway Polytechnic. Learning English at the Indonesian Railway Polytechnic was done by combining the usage of technology, so by supporting online-based learning, it needed a strategy attract the cadets in learning English, one of them is using a simpler application android-based. Through the English learning model by using the simpler application, it is expected to facilitate the cadets an effective distance learning process and attract the cadets in learning English. This research is a qualitative research. The procedure for primary data collection is done by in-depth online interviews with cadets and teaching English teachers. Based on the results of an online questionnaire given to 30 respondents taken from Railway and Building Englineering class stated that 83% of respondents stated that they were very satisfied in learning English using a simpler application, 13% of respondents were satisfied with the use of the simpler application, 3 % of respondents were not satisfied with application-based learning. By using a simpler application android-based during online-learning it can support the cadets in learning English. Simpler application is effective used for cadets to improve their English skills and provide benefits for cadets in understanding English material during their online lectures. Keywords: learning media, applications, online lectures