PENGARUH PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN BENGKULU

Abstract

Perguruan tinggi hendaknya memahami mahasiswa, karena akan dapat mengenal karakteristik sebagai pembeli maupun cara seorang pembeli membuat keputusan dan faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan. Melalui teori penelitian terdahulu  dan penelitian lapangan mempertegas teori mengenai  konsep program pemasaran jasa perguruan tinggi dalam mempengaruhi pemilihan program studi Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu. Hasil pengujian Analisis secara  Uji Parsial (Uji t) pengaruh variabel  Promosi secara parsial mempengaruhi terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN sedangkan uji parsial  (uji-t) variabel biaya pendidikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu”, artinya biaya pendidikan sebagai salah satu variabel dalam strategi bauran pemasaran yang terpakan tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu Kata Kunci : Pemasaran, Pemilihan