PENGARUH PROMOSI PENJUALAN PAKAIAN WANITA DI GROUP BBM TERHADAP MINAT BELI MAHASISWI IAIN PALOPO DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM
Abstract
AbstractThis thesis attempts to explain the influence of sales promotion (X) on student buying interest (Y). and explain How is the Islamic view of buying and selling greetings, especially in the promotion of sales of women's clothing through BBM online-shop. The type of research used is field research (field research) with quantitative and qualitative approaches. As for data collection techniques, the emphasis is on observation and questionnaires. The population in this study were students of Sharia Economics at IAIN Palopo. 75 samples were obtained. The analysis technique used is the validity test reliability test, simple regression analysis, and hypothesis testing with the coefficient of determination and t test with the help of SPSS software for Windows version 20. Based on the results of data analysis it is known that the magnitude of the effect of sales promotion on buying interest is 0.501 with correlation ( r) of 0.379 while the determination coefficient is 0.143, which means the contribution of sales promotion variables to buying interest is 14.3%. The significant influence of sales promotion variables on student buying interest can be seen from the tcount of 3.496. From the simple linear regression analysis results obtained that the effect of sales promotion of women's clothing in the Blackberry Messenger group affects the buying interest of female students of Islamic Economics in IAIN Palopo where the value of t> t-table (3.496 <1.66) then ho is accepted that there is an influence between sales promotion with buying interest.Keywords: Sales Promotion; Purchase Interest; Islamic law perspective Abstrak Skripsi ini berupaya mmenjelaskan besarnya penngaruh promosi penjualan (X) terhadap minat beli mahasisiwi (Y). dan menjelaskan Bagaimana pandangan islam tentang jual beli salam khususnya pada promosi pejualan pakaian wanita melalui online-shop BBM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiian lapangan (field risearch) dengan pendekatan kuantitaif dan kualitatif. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan data ditekankan pada observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Ekonomi Syaria’ah di IAIN Palopo. Diperoleh sampel jumlah 75 orang. Tekhnik analisis yang digunakan adalah uji validitas uji reabilitas, analisis regresi sederhana, dan pengujian hipotesis dengan koefisisen determinasi dan uji t dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa besarnya pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli adalah 0,501 dengan korelasi (r) sebesar 0,379 sedangkan koefisien determinasinya adalah 0,143, yang berarti kontribusi variabel promosi penjualan terhadap minat beli sebesar 14,3%. Pengaruh signifikan dari variabel promosi penjualan terhadap minat beli mahasiswi dapat diketahui dari nilai thitung sebesar 3,496. Dari hasil analisi regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ekonomi Syariah di IAIN Palopo diaman Nilai t hitung > t-tabel (3,496 < 1,66) maka ho diterima yaitu ada pengaruh antara promosi penjualan dengan minat beli.Kata Kunci : Promosi Penjulan; Minat Beli; Perspektif Hukum Islam DAFTAR PUSTAKA Aahanz, http://m.hukumonline.com/klinik/detail/it50efc031811449/apakah-blackberry- mesengger-(bbm)-termasuk-media-sosial.diaksestanggal, 24-desember-2015.Abu Bassam Syaikh Abdullah Abdurrahman, Syarah Hadist Hukum Bukhori Muslim, Alma Buchari, Dasar-Dasar Etika Bisnis Islami, Bandung: Alfabeta, 2003An-Nawawi,Roudhoh Ath Talibin IV Augusthy Ferdinal, Metode Penelitian Managemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit UNDIP,2006Cahyono Bambang Tri, Strategi Pemasaran, jakarta: lembaga penerbit sekolah tinggi ilmu ekonomi IPWI, 1995), h. 71Departemen Agama Ri, Al-Jumanatul Ali, Alqur’an dan terjemahannya, Cv Penerbit J-ART,2004 Fauzan Saleh, Fikih Sehari-hari, Cet : 1, Jakarta: Gema Inani Press, 2005Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2005 Haroen Nasroen, Fiqih Muamalah, Hasan M.Ali, Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam, http://hi.inictm.com/2013/02/pengaruh-promosi-terhadap-keputusan--22.html?m=1, diaksestanggal 26-desember-2015. Kotler dan Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, : jild 2, Ed VIII, Jakarta: Erlangga, 2014Mawardi Imam, Al- Hawi Al-Kabir V Muhammad Imam Abi Abdullah bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardzabah BukhariJu’fi, Shahih Bukhari, Beirut: Dar al Fikr, 1992 Pimantoro Joko, http://jokofirmantoro.blogspot.co.id/2013/06/regresi-linier- sederhana.html?m=1, diakses tnggl. 14 januari 2016.Suliyanto, Analisis Data dalam Aflikasi Pemasarann, Bogor: Gholia Indonesia, 2005 Sunan Raden, http://bloogspot.com/2010/12/apa-itu-blackberry-mesengger.html?m=1, diakses, tanggal,24-desember-2015.