PENGARUH PROMO PENJUALAN DAN CASHBACK TERHADAP MINAT BELI KENDARAAN PADA PT. HADJI KALLA PALOPO

Abstract

Abstract: Competition that occurred among the distributor of vehicles in the city of Palopo enough to give significant contribution bgi the prospective customer vehicle ownership to consider the type, excellence and financial ability to obtain a dream vehicle at the end of the year. Various methods applied by each distributor to attract the attention of prospective customers is to offer sales promo and give cash back to the consumer at the end of each year as a gift or appreciation of the distributor to its customers.The results showed that sales promotion and cash back variables, either simultaneously or partially have a significant influence on the variable of buying interest, where known value of promotion variable Thitung = 2.190 with significance level 0.034> Ttabel = 1.683. And cashback has contribution to customer interest by looking at SPSS test result where Thitung = 3,043 with significance level 0,001> Ttabel = 1,683). Keywords: Promotions, Cash Back, and Buying InterestAbstrak: Persaingan yang terjadi di antara distributor kendaraan di kota Palopo cukup memberikan kontribusi yang signifikan oleh calon pelanggan kendaraan untuk mempertimbangkan jenis, keunggulan dan kemampuan finansial untuk memperoleh kendaraan impian pada akhir tahun. Berbagai metode yang diterapkan oleh masing-masing distributor untuk menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan menawarkan promo penjualan dan memberikan uang kembali kepada konsumen di setiap akhir tahun sebagai hadiah atau apresiasi distributor kepada pelanggannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan dan cash back, baik secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli, dimana diketahui nilai variabel promosi Thitung = 2,190 dengan taraf signifikansi 0,034> Ttabel = 1,683. Dan cashback memiliki kontribusi terhadap minat pelanggan dengan melihat hasil tes SPSS di mana Thitung = 3,043 dengan tingkat signifikansi 0,001> Ttabel = 1,683).Kata kunci: Promosi, Cash Back, dan Minat BeliDAFTAR PUSTAKAArikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006Cahyono, Bambang Tri. Strategi Promosi. Jakarta: STIE IPWI, 1995Cummins,  Julian.  Promosi Penjualan, Binarupa Aksara.  Tangerang: Simbol Terbit Bermutu, 2010Handoko  T.  Hani,  Swastha  Basu.  MAnajemen  Pemasaran,  Analisa  Perilaku  Konsume.  Ed. Pertama, Cet. Ketiga, Yogyakarta: BPFE, 2000Jannah,  Miftakhul Lina, Prasetyo Bambang.  Metode Penelitian Kuantitatif.  Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006Kevin Lenne Killer, Philip Kotler,  Manajemen Pemasaran, Indonesia: Indeks, Ed. 12, Jilid I, 2007Kotler Philip, According To Kotler, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2006Kotler  Philip,  Manajemen  Pemasaran,  Terjemahan:  Hendra  Teguh,  Edisi  Millenium,  Cet. Pertama, Jakarta: Prenhalindo, 2002Kotler Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Prenhalindo, Ed. Millenium, Jilid 2, 2002Kotler Philip, Keller Lane Kevin,  Manajemen Pemasaran, Indonesia: Indeks, Ed. 12, Jilid 1, 2007Kotler  Philip,  Manajemen  Pemasaran  Di  Indonesia,  Buku  1  Analisis,  F.t:  Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian, Jakarta:Selemba Empat, 2000Lamb Hair Danie Mc., Pemasaran, Ed. 1, Jakarta: Selemba Empat, 2001Nazir Mohamad, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983Nasution S., Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2003--------------- Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1998Sefe’I  Imam,  Memadu  Metode  Penelitian  Kualitatif  Dan  Kuantitatif,  Cet.  IV;  Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002Setiadi J. Nugroho, Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), Ed. I, Cet I; Jakarta: Kencana, 2003Swastha Basu, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty, 1998S. Sapri Muhammad,  Pengaruh Biaya Promosi Dalam Peningkatan Penjualan Rumput Laut Pada  Koperasi  Agroniaga  Kota  Palopo  (Tinjauan  Permasalahan  Syariah),  Skripsi: FEBI IAIN Palopo, 2011Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: PT. Alfabeta, 2013Yulianto  Canra,  Pengaruh  Promosi,  Potongan  Harga,  dan  Pelayanan  Terhadap  Volume Penjualan Pada Perusahaan Ritel (Studi Kasus Alfamart: PT. Alfamart Jaya), Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014Adis, http://www.web.id, Dalam teknik marketing, diakses pada 10 Nopember 2015Adityolaksono,  http://www.blogspot.co.id,  Pengertian  minat  beli  dan,  diakses  pada 16 Desember 2015