Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika

Abstract

Abstrak Dalam matematika proses bernalar menjadi salah satu komponen penting yang perlu diasah karena penalaran dapat berguna dalam memecahkan masalah yang tidak hanya bersifat matematis namun juga berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bernalar seseorang dapat mencari penyelesaian dari masalah yang sedang dihadapinya. Proses penalaran dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya perbedaan jenis kelamin terutama dalam cara menyelesaikan masalah matematika dan penarikan kesimpulan. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa perempuan tidak cukup berhasil mempelajari matematika dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu perempuan hampir tidak pernah mempunyai ketertarikan yang menyeluruh pada soal-soal teoritis seperti laki-laki. Namun di lain pihak, tidak sedikit siswa perempuan yang memiliki keberhasilan dalam kemampuan matematika. Hal ini dipengaruhi oleh penalaran mereka masing-masing. Penulisan makalah ini bertujuan untuk menganalisis beberapa hasil penelitian tentang penalaran siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran matematika. Metodologi yang digunakan adalah studi kepustakaan. Makalah ini menemukan bahwa penalaran siswa perempuan dan laki-laki cenderung berbeda. Siswa laki-laki menggunakan penyelesaian yang lebih fleksibel dibandingkan perempuan. Sedangkan dalam penarikan kesimpulan siswa perempuan lebih cermat dan teliti serta cakap dalam mengkomunikasikan ide yang diperolehnya.