Tri Sukses Melalui Bimbingan dan Konseling Pendidikan Sesuai Faktor Sosial Budaya
Abstract
Setiap manusia membutuhkan pendidikan sebagai usaha sadar untuk memandirikan manusia. Maka guru yang sukses memberikan pendidikan adalah yang mampu mengoptimalkan kemampuan kognitif (sukses prestasi akademik), yang memiliki motivasi untuk masa depan cerah (sukses karir), serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas di lingkungan sosial keagamaan (sukses sosial). Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apa itu Tri Sukses? 2). Bagaimana Tri Sukses melalui bimbingan dan konseling pendidikan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tri sukses melalui bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka, yakni pengumpulan data dan informasi dengan menelaah sumber-sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku referensi, literature, ensiklopedia, karangan ilmiah, serta sumber-sumber lain yang terpercaya baik dlm bentuk tulisan atau dalam format digital yang relevan dan berhubunga dengan obek yang diteliti. Berdasarkan uraian dalam pembahasan, hasil yang dapat disimpulkan bahwa menjadi peserta didik adalah kesempatan untuk menyempurnakan tugas-tugas perkembangan, mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki sehingga meraih tri sukses: sukses akademik, sukses karir, dan sukses sosial. Dalam mewujudkan tri sukses membutuhkan bimbingan dan konseling pendidikan Islam dengan iklim belajar yang kondusif.