Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan Anak dan Remaja Perspektif Ibnu Khaldun
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan konsep kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut Ibnu Khaldun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini lebih bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan membaca karya-karya Ibnu Khaldun sebagai data primer yaitu kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun dan kitab-kitab pendukung lainya. Kajian ini menghasilkan bahwa kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut Ibnu Khaldun kembali pada prinsip epistemologi yang dibangun yaitu Al Qur’an dan Al Hadist sebagai sumber primernya. Mengajarkan al-Qur’an Hadist pada anak perlu untuk didahulukan untuk menanamkan keimanan anak yang baik dan benar. Pad aspek kurikulum pendidikan anak secara keseluruhan sebagai berikut: a. al-Qur’an, b. al-Hadits, c. Bahasa Arab, d. Syi’ir (sastra), e. Kisah-kisah yang baik atau sejarah, f. Akhlak / budi pekerti, g. Ilmu hitung.