Konsep Kurikulum dan Metode Pendidikan Anak dan Remaja Perspektif Ibnu Khaldun

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan  konsep  kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut  Ibnu Khaldun. Metode yang digunakan  dalam penelitian  ini lebih bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan membaca  karya-karya Ibnu Khaldun  sebagai data primer yaitu kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun  dan kitab-kitab pendukung lainya. Kajian ini menghasilkan bahwa kurikulum dan metode pendidikan anak dan remaja menurut Ibnu Khaldun kembali pada prinsip epistemologi yang dibangun yaitu Al Qur’an dan Al Hadist sebagai sumber primernya. Mengajarkan al-Qur’an Hadist pada anak perlu untuk didahulukan untuk menanamkan keimanan  anak yang  baik dan benar. Pad aspek kurikulum pendidikan anak secara keseluruhan sebagai berikut: a. al-Qur’an, b. al-Hadits, c. Bahasa Arab, d. Syi’ir (sastra), e. Kisah-kisah yang  baik atau sejarah, f. Akhlak / budi pekerti, g. Ilmu hitung.