Cross Cultural and Cultural Counseling: Komunikasi Konseling Lintas Budaya Jawa dan Madura di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model komunikasi efektif antara peserta didik yang berlatar belakang budaya Madura dengan peserta didik yang berlatar belakang budaya jawa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menyusun, memahami dan menganalisis model komunikasi peserta didik yang berlatar belakang budaya Madura dengan peserta didik yang berlatar belakang budaya jawa di Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 1 Jember. Model komunikasi peserta didik dari budaya Madura dengan Jawa dipengaruhi oleh kultur bahasa dari atmosfer lingkungan yang berbeda. Dari sini terlihat bagaimana proses layanan konseling yang inklusif dan ramah berjalan melalui pendekatan transcultural menjadi langkah yang dilakukan oleh guru BK atau konselor Madrasah guna meminimalisir adanya gesekan sosila yang pernah terjadi pada peserta didik beretnis Jawa dengan peserta didik beretnis Madura.Kata Kunci: Cross Cultural, Cultural Counseling, Komunikasi, Lintas Budaya, Siswa, Madrasah