Hubungan Antara Kepekaan Humor dan Kreativitas Dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kepekaan humor dan kreativitas dengan kematangan emosi siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang, Jawa Tengah. Permasalahan yang mendasari dari penelitian ini adalah terjadinya beberapa fenomena di SMK Negeri 11 Semarang. Fenomena-fenomena tersebut berhubungan dengan kematangan emosi. Banyak siswa yang mengalami permasalahan karena tingkat emosi mereka yang kurang matang seperti terjadinya perkelahian yang berawal dari saling mengejek sampai tidak mau masuk sekolah karena minder dengan gaya hidup teman-temannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan dua alat pengumpul data yaitu skala pikologis dan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kepekaan humor dan kreativitas dengan kematangan emosi. Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi guru BK agar lebih memberikan inovasi dalam penyusunan layanan BK di sekolah.